Hewan Memah Biak

Ada yang tau contoh dari hewan memamah biak? Sapi? Ya,sapi.Sapi adalah satu contoh hewan memamah biak.Lalu,apa itu hewan memamah biak ? Hewan memamah biak merupakan hewan yang memakan makanannya kemudian dikeluarkan kembali untuk dikunyah.Hewan memamah biak disebut juga hewan ruminansia. Hewan memamah biak memiliki saluran pencernaan yang terdiri dari mulut, kerongkongan, rumen (perut besar), retikulum (perut jala), omasum (perut kitab), dan abomasum (perut masam).




Pencernaanya di mulai dari mulut.sapi menjepit rumput dengan memakai gigi serinya,lalu ditelan menuju rumen dan retikulum.pada bagian retikulum makanan dicerna secara mekanik karena gerakan dindingnya yang tebal.Pada retikulum juga terjadi pencernaan secara biokimiawi karena ada bakteri fermentasi yang bekerja secara anaerob,sehingga terbentuk bubur yang masih kasar.Lalu bubur yang masih kasar ini masuk kembali ke mulut untuk dikunyah agar lebih lumat.Setelah makanan itu lumat,makanan masuk ke omasum melalui rumen dan retikulum.Di omasum makanan di cerna secara mekanik lalu makanan di alirkan ke abomasum yang serupa dengan lambug mamalia lainnya.Pada abomasum ini,enzim dan asam serta menangkap kembali zat makanan yang telah digunakan oleh bakteri simbiosis.Bakteri simbiosis selain berperan dalam menghancurkan makanan melalui fermentasi, juga membantu mengubah urea dan amonia menjadi asam amino.Dalam melakukan fermentasi, bakteri-bakteri usus juga akan menghasilkan vitamin , terutama vitamin B.Setelah dari abomasum makanan masuk ke usus halus untuk diserap oleh kapiler-kapiler darah.Sisa-sisa makan akan masuk ke usus besar dan akhirnya keluar melalui anus.

Di atas,kita membicarakan mikroorganisme dalam perut sapi yang membantu pencernaan sapi. Mikroorganisme itu adalah Bacteroides succinogenes dan Ruminococcus albus . Bakteri ini mengurai selulosa menjadi gula.Selulosa merupakan elemen utama pada membran sel tumbuhan dan salah satu polisakarida sederhana yang tersusun oleh glukosa.Berkat mikroorganisme inilah sapi dapan mencerna rumput dengan baik.


Ruminococcus albus


Bacteroides succinogenes



Di rumen hidup 10 miliar bakteri tiap 1 milimeter.Hasilnya adalah asam lemak,metan, dan karbon dioksida . sapi buang angin lewat mulut,bersendawa langsung buang angin.Hal ini karena rumen tidak terletak pada vagian belakang melainkan ada di paling depan.

Pada perut sapi juga terdapat mikroorganisme yang dapat membuat vitamin dan protein. Vitamin dan protein yang dibuat oleh bakteri lebih banyak dari pada vitamin dan protein yang diperoleh sapi dari makanannya.

Selain memakan rumput,sapi juga memakan biji-bijian dan kacang-kacangan.Di dalam perut sapi terdapat mikroorganisme yang dapat mengurai biji-bijian dan bahkan lebih aktif dibanding bakteri pengurai rumput.Bila sapi makan kacang-kacangan , maka akan diuraikan oleh bakteri Lachnospira multipara dimana bakteri ini dapat menguraik,an pektin yang terkandung dalam kacang-kacangan.

Bila sapi makan rumput lalu tiba-tiba makan biji-bijian akan berbahaya bagi sapi.Sebab,pada mulanya terdapat banyak bakteri pengurai selulosa dari pada mikroorganisme pengurai biji-bijian.Krena sapi tiba-tiba makan biji-bijian,maka mikroorganisme pengurai biji-bijian berkembangbiak dengan cepat dan bertambah secara drastis.Akibatnya,konsentrasi asam nitrat dalam perut sapi meningkat sehingga mikroorganisme lain mati.Dalam beberapa kasus terdapat sapi yang mati akibat efek ini.




0 komentar:

Posting Komentar